Yonmek 521/DY Terima Kunjungan Staf Ahli KSAD di Perbatasan RI-PNG

42

Ìòł


– Tak hanya menyapa warga di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini, terlebih di Kabupaten Merauke, Papua, saja. Namun, kunjungan yang dilakukan oleh Brigjen TNI Achmad Sudarsono, S. IP, saat ini, juga diwarnai dengan beberapa peninjauan di beberapa titik lokasi yang menjadi wilayah tugas Satgas Pamtas Yonmek 521/DY. Selasa, 6 Nopember 2018.
Staf ahli KSAD bidang ekonomi itu menuturkan, peninjauan yang dilakukannya itu, guna memastikan jika berbagai program maupun kegiatan Satgas Pamtas Yonmek 521 di wilayah perbatasan, sudah mulai berjalan dengan baik.
“Terutama menjalin suasana keakraban, dan kekeluargaan dengan warga di wilayah tugas Satgas Pamtas ini,” ujar Brigjen Achmad.
Dirinya menilai, Kabupaten Merauke merupakan salah satu daerah yang dikenal dengan ciri khas, maupun kultur budaya yang dimiliki oleh masyarakat sekitar. Untuk itu, kata Jenderal bintang satu ini, keberadaan Satgas Pamtas Yonmek 521/DY di Merauke saat ini, tak hanya diwajibkan untuk mampu menjaga keamanan saja. Namun, keberadaan Satgas di Merauke, juga diwajibkan untuk mampu memberikan rasa aman dan nyaman ke masyarakat.
“Merauke, merupakan salah satu daerah yang kental akan budayanya. Satgas harus mampu memperkokoh Kemanunggalan TNI dan masyarakat disini,” pintanya.
Sementara itu, Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 521/DY Macan Kumbang, Letkol Inf Andi Andriyanto Wibowo menambahkan, beberapa program teritorial selama ini sudah bisa berjalan dengan baik.
Tidak hanya itu saja, lulusan Akademi Militer tahun 2001 yang lalu itu menilai, tak hanya dilakukan oleh Satgas saja. Akan tetapi, berlangsungnya pembinaan teritorial di wilayah tugasnya itu, juga mendapat dukungan penuh dari tokoh masyarakat setempat.
“Semaksimal mungkin, saya akan pertahankan dan saya pupuk Kefgmanunggalan antara TNI dan warga perbatasan,” tegas Danyonmek 521/DY ini. (bai)