Satgas Pamtas Yonmek 521/DY Pastikan Kesehatan Masyarakat Bupul, Kabupaten Merauke

35

MERAUKE (Swaranews) – Meski tak ada warga yang mengalami gangguan kesehatan, namun Satgas Pamtas Yonmek 521/DY di bawah kendali Letkol Inf Andi Andriyanto, terus memastikan kondisi kesehatan warga di kampung Bupul, Kabupaten Merauke, Papua, dalam kondisi aman dan terhindar dari berbagai macam penyakit.
Tak hanya pengecekan kesehatan saja, Komandan Kompi (Danki) pos Kalimaro, Kapten Inf Margono mengungkapkan, ia bersama beberapa personel Satgas Yonmek 521/DY lainnya, juga menggelar pengobatan gratis yang ditujukan ke masyarakat kampung Bupul, Distrik Kalimaro, Kabupaten Merauke, Papua.
“Hampir semua masyarakat, pengobatan gratis itu kita berikan ke semua warga, baik balita maupun dewasa,” ujar Margono.
Kegiatan rutin itu, ujar Kapten Margono, dinilai sangat efisien dalam meringankan beban masyarakat di wilayah perbatasan. Pasalnya, perekonomian yang jauh di bawah rata-rata, seakan menjadi kendala tersendiri bagi warga untuk lebih mementingkan kondisi kesehatan mereka.

“Puskesmas disini juga sangat jauh jaraknya dari pemukiman warga,” paparnya.
Sementara itu, Ernest Dambujai (57), mengaku sangat antusias untuk mengikuti kegiatan pengobatan dan pengecekan kesehatan gratis yang digelar oleh Satgas Pamtas Yonmek 521/DY tersebut.
Selama ini, kata Ernest, tak sedikit warga Bupul yang lebih memilih untuk berobat ke tabib (dukun, red), ketimbang ke Puskesmas. Selain jarak, kata dia, biaya yang sangat mahal dinilai menjadi kendala tersendiri bagi warga di desanya untuk enggan memeriksakan kondisi kesehatan ke Puskesmas, maupun rumah sakit setempat.
“Pengobatan gratis ini, merupakan berkah tersendiri bagi saya, dan warga di kampung Bupul,” ungkap Ernest. “Terima kasih bapak-bapak TNI yang sudah memberikan kepeduliannya kepada kita,” tambahnya. (sub)