Dinas PMD Kab. Blitar Gelar Bimtek Kelembagaan BKAD

    18

    Blitar (Swaranews) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Kelembagaan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Badan Pengawas dan Tim Verifikasi, yang digelar selama 2 hari yakni tanggal (25-26/04) lalu, di Lesehan Bengawan Solo, Jl. Bengawan Solo No.81, Kelurahan Pakunden, Sukorejo, Kota Blitar.

    Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar, Mujianto, didampingi oleh Kepala Bidang Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dwi Novyanto serta diikuti oleh Ratusan peserta yang terdiri dari Kasi Pembangunan Kecamatan, Badan Pengawas Unit Pengelola Kegiatan (BP-UPK) Kecamatan dan Tim Verifikasi Kecamatan se-Kabupaten Blitar.

    Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar, Mujianto, mengatakan bahwa tujuan bimtek ini adalah untuk mewujudkan kelembagaan yang kuat dan harmonis, dalam pengamanan aset bersama demi masyarakat yang sejahtera, yang kedua Mewujudkan pelaporan administrasi yang lebih handal dan aman, ketiga, Menggalakkan pola kerja yang lebih efektif dan efesien dengan menerapkan sistem pelaporan auto rekap dari Kelompok, Desa, Kecamatan dan Kabupaten dan yang keempat Meningkatkan kualitas, efesiensi dan efektifitas pengelolaan sehingga kelembagaan menjadi lebih produktif dan transparan baik di level pelaksana, level manajemen maupun level minitoring serta pengawasan dan pengendalian terhadap UPK.
    Mujianto, menambahkan adapun sasaran dan target dalam bimtek ini yakni Terwujudnya Percepat proses pelayanan administrasi, pencatatan dan penyajian laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mulai dari laporan tingkat kelompok, desa, kecamatan dan kabupaten, bahkan untuk propinsi maupun pusat. Serta Terpenuhinya dasar pengambilan kebijakan dan pengendalian lapangan dari monitoring dan pengawasan guna evaluasi mendasar kepada perkembangan terkini secara lebih cepat, akurat, akuntable, oleh para pihak yang berkompeten dari tingkat kelompok, desa, kecamatan, sampai dengan tingkat kabupaten.

    Sementara itu, hadir sebagai narasumber Drs. Khumaidi, M.AP dari Balai besar malang, dalam bimtek tersebut mengambil tema penguatan tupoksi BP UPK dalam pengelolaan dagulir Exs. PNPM/MPd, menyampaikan salah satunya yakni terkait tugas Badan pengawas UPK yakni pertama melakukan pemeriksaan dan evaluasi pelaksanaan administrasi keuangan dan kegiatan di UPK, kedua, melakukan pengawasan terhadap ketaatan UPK pada prinsip dan mekanisme program ketiga, melakukan pengawasan ketaatan UPK terhadap aturan-aturan MAD, dan keempat Memantau pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pengurus UPK.

    Sekedar catatan, dalam pelaksanaan Bimtek tersebut juga diadakan Post Test yakni para paserta dikasih waktu 30 menit untuk menjawab lembar pertanyaan yang berjumlah 20 pertanyaan. (rd/Adv)