DPRD Kota Surabaya Promo Kampung Energi Ke USA

    60

    SURABAYA (Swaranews) – Sejumlah legislator Surabaya menghadiri acara Smart Cities Connect Conference & Expo and The US Ignite Application Summit di Kansas City akhir Maret 2018.

    Rombongan terdiri dari, Armuji (Ketua DPRD) Kota Surabaya, Masduki Toha (Wakil Ketua DPRD), Ahmad Suyanto (Anggota) asal Fraksi PKS, Buchori Imron (Anggota) asal Franksi Handap (PPP), Vinsensius Awey (Anggota) asal Fraksi Handap (NasDem). Setiba di negeri paman sam itu, para delegasi DPRD Kota Surabaya langsung bertemu dengan Budi Bowolekasono selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk USA di kantor Kedubes RI – Washinton DC, USA.

    “Kami disaambut dengan hangat oleh Pak Dubes yang sudah berpengalaman 4 tahun disana. Beliau bercerita tentang Ibu Risma Walikota Surabaya yang sudah dua kali berkunjung kesana,” ujar Vinsensius Awey, Rabu (11/4/2018).

    Awey menyampaikan bahwa karena kesibukan Dubes RI untuk USA sehingga tidak bisa menemui, begitu juga dengan Soekarwo Gubernur Jatim.

    “Sementara kami yang baru satu kali berkunjung, langsung bisa ketemu,” lanjut Awey.
    Awey menjelaskan dalam peetemuan itu, membicarakan soal pentingnya Amerika Serikat bagi Indonesia. Hubungan kedua negara harus dilihat dari cara pandang/perspektif yang positif, terlepas dari berbagai dinamika yang lazim terjadi dalam setiap hubungan bilateral. Juga soal upaya yang dilakukan Perwakilan RI untuk mempromosikan Indonesia
    “Pak Dubes meminta kami, agar dapat membantu mengirimkan orang yang mempunyai kemampuan keahlian melatih kesenian Reog Ponorogo untuk menetap di Washington selama 3 bulan lamanya, untuk konsentrasi melatih Tim Reog Ponorogo yang sudah terbentuk di Washington,” terang Awey.

    Dirinya menyebutkan bahwa semua kebutuhan dan akomodasi, termasuk biaya bagi seniman tersebut akan ditanggung KBRI Washington. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia khususnya Reog Ponorogo di Washington dan sekitarnya.

    Pada kesempatan itu Awey menyampaikan gagasan kepada Dubes bahwa DPRD kota Surabaya memiliki impian dan berkeinginan untuk mewujudkan sebuah kawasan perkampungan Energi Yang terbarukan.
    Kampung Tenaga Surya sebagai kampung percontohan Ramah Lingkungan bagi perkampungan lainnya di kota Surabaya.

    “Kami berharap bantuan Pak Dubes bisa mencarikan beberapa perusahaan solar cell di USA atau lembaga NGO yang bersedia membangun kampung ramah lingkungan secara gratis,” tukasnya. mar