Korem 081/DSJ Siap Dukung Operasional Upsus Pajale

91

MADIUN (Swaranews) – Dalam rangka peningkatan luas tambah tanam, serapan gabah petani, monitoring dan evaluasi penggunaan alsintan serta mendukung operasional Upsus Pajale Korem 081/DSJ menggelar rakor Kementrian Pertanian RI bertempat di Aula Makorem 081/DSJ Jalan Pahlawan no 50 Kota Madiun.

Dalam sambutanya Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, S.E menyampaikan bahwa percepatan pencapaian Swasembada pangan yang menjadi target pemerintah saat ini, Kementerian pertanian telah meluncurkan Program Upaya Khusus (Upsus) terutama percepatan luas tambah  tanam(LTT). Dalam pencapaian swasembada pangan berkelanjutan, lahan merupakan salah satu faktor produksi utama yang tidak tergantikan.

“Selain itu ketersediaan air khususnya irigasi sangat menentukan keberhasilan swasembada tersebut yang sampai saat ini masih terpenuhinya kebutuhan air untuk lahan persawahan khususnya di wilayah Korem 081/DSJ dikarenakan masih adanya turun hujan. Ini semua merupakan suatu keberuntungan bagi para petani untuk bisa melanjutkan penanaman padi dengan tujuan dapat mewujudkan swasembada pangan sesuai anjuran dari pemerintah,” paparnya, Jum,at (9/3/2018).

Kolonel Inf R. Sidharta wisnu Graha menyamppaikan,  melalui Upaya khusus dengan dibentuknya suatu tim terpadu yang mensinergikan para Babinsa (Bintara Pembina Desa) dan stakeholder pertanian di  wilayah untuk bersama sama membantu para petani mulai dari pengolahan lahan, penyiapan bibit, pemupukan, penanaman sampai dengan pemanenan dengan satu tujuan adalah untuk mewujudkan tercapainya swasembada pangan.

“Dengan memfungsikan peran Babinsa sebagai penyuluh dan pembimbing petani, diharapkan mampu memberi dampak signifikan pada peningkatan produksi dan target swasembada pangan yang merupakan target yang harus diwujudkan,” jelas Danrem.

Dia juga memerintahkan kepada para Dandim jajaran Korem 081/DSJ agar mengawasi dan mendorong para Babinsanya untuk melakukan pendampingan kepada para petani dengan baik bersama-sama petugas penyuluh lapangan demi keberhasilan dalam membantu tugas Negara yang diberikan.

“Sehingga perlu upaya dari kita semua untuk mensukseskan swasembada pangan ini secara berkelajutan dan tidak sepotong-sepotong,” tegas Shidarta.

Sementara itu Direktur Pembiayaan Kementrian Pertanian RI, Sri Kuntarsih, M.M menambahkan untuk mencapai hal tersebut perlu adanya sinergitas antara TNI dalam hal ini Kodim, Dinas Pertanian dan Bulog. Ketiga instansi tersebut harus ada keterkaitan satu sama lain sehingga apabila ada kendala akan segera dapat diatasi.

Hadir pula dalam rakor tersebut Para Dandim Jajaran Korem 081/DSJ, Para Kadistan se wilayah Korem 081/DSJ, Para Kasubdivre Bulog se wilayah Korem 081/DS dan Para Pasiter Kodim Jajaran Korem 081/DSJ (mar)