Wali kota Bersih-Bersih Area Pasar Keputran

    188

    SURABAYA (Swaranews) – Sejak pukul 06.00 WIB, Walikota Surabaya Tri Rismaharini sudah mulai berkeliling untuk melakukan tinjauan di beberapa lokasi, untuk memantau keadaan kotanya. Lokasi pertama yang dituju yaitu depan Bioskop Pratama, melihat saluran air yang kondisinya bau dan kotor, Walikota Risma langsung meminta kepada jajarannya untuk segera dilakukan normalisasi sungai, pelebaran jalan, serta pembangunan taman di area tersebut.

    “Disini baunya ndak enak sekali, segera buatkan taman di area ini dan perlebar jalannya juga,” kata wali kota, yang didampingi oleh Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, Erna Purnawati. Senin, (5/3/2018).

    Selanjutnya, Risma langsung menuju ke arah sungai di sekitar Jalan Dinoyo. Di lokasi ini, ia melihat adanya bangunan non permanen seluas 3×2 meter di atas area irigasi. Melihat hal tersebut, ia lantas meminta petugas dari Satpol PP Kota Surabaya untuk segera dilakukan penertiban bangunan liar tersebut.

    “Yang bangunan-bangunan seng itu ditertibkan, dan dibersihkan juga,” kata wali kota Risma, kepada jajaran petugas Satpol PP Surabaya.

    Setelah berputar di kawasan Jalan Dinoyo, Walikota dengan prestasi ini kemudian menuju Pasar Keputran. Melihat pasar keputran yang kondisinya kotor, ia pun tak banyak bicara, dengan menggunakan kemeja putih, celana hitam dan bersepatu boot warna pink, Risma tidak canggung untuk berbaur bersama jajarannya untuk ikut turun langsung membersihkan lantai pasar yang kotor dengan menggunakan semprotan air.

    “Itu kotoran-kotoran dibersihkan semua, tolong batu-batu yang berserakan itu juga diangkut dan dipindahkan,” perintahnya, kepada para petugas DKRTH.

    Setelah melakukan pembersihan di area Pasar Keputran, Walikota Surabaya ini melanjutkan tinjauannya di Sungai Kali Mas, tepatnya di jembatan sisi sebelah timur pasar Keputran. Lantas ia langsung menginstruksikan kepada petugas operator eskavator untuk melakukan pengerukan di bawah jembatan.

    “Dibawah jembatan banyak sekali pak lumpurnya, itu dikeruk dan ditarik semua ya pak,” kata wali kota, kepada petugas operator eskavator.

    Meskipun diiringi dengan rintikan hujan, Wali Kota Risma masih tetap melanjutkan tinjauannya kembali menuju jalan depan pasar keputran Surabaya, yang saat itu juga sedang dilakukan penambalan dan pengaspalan jalan menggunakan alat berat Tendem Roller. Dengan gayanya yang khas, Wali Kota Risma langsung mengomandoi jalannya pengaspalan.

    “Sebelah kanan sedikit pak. iya terus lurus saja,” perintah, Wali Kota Risma, kepada petugas operator Tendem Roller tersebut.

    Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya M. Fikser mengatakan kegiatan wali kota pagi ini dimulai sejak pukul 06.00 WIB, diawali dengan meninjau kondisi saluran air di depan Bioskop Pratama, kemudian dilanjutkan dengan tinjauan di sekitaran jalan Dinoyo Surabaya.

    “Dari sejak pagi, kegiatan ibu (wali kota) sudah mulai berkeliling di beberapa lokasi, mulai dari meninjau saluran di depan Bioskop Pratama, hingga melakukan bersih-bersih di area pasar keputran Surabaya,” pungkasnya. (mar)