Tes Garjas, Penentu Kenaikan Pangkat Prajurit

    140

    SURABAYA (Swaranrws) – Selain menjaga stamina, serta membentuk postur tubuh seorang anggota TNI. Ternyata, kesegaran jasmani (Garjas), juga menjadi penentu bagi kalangan prajurit yang hendak mengikuti seleksi kenaikan pangkat di masing-masing Satuan.

    Seperti yang berlangsung di Makorem 084/Bhaskara Jaya saat ini. Selasa, 6 Maret 2018 pagi, sebanyak ratusan anggota TNI-AD di wilayah teritorial Korem, mulai mengikuti tes garjas yang digelar langsung oleh tim Jasrem.

    “Kurang lebih sekitar 240 personel. Sebelum naik pangkat, mereka harus bisa melewati tes garjas ini,” kata Kajasrem 084/BJ, Kapten Inf Ngatari.

    Ujian jasmani ulang kali ini, tutur Ngatari, akan berlangsung selama 2 hari. Selain berlari dengan jarak 3.200 meter, para peserta ujian juga akan melewati beberapa materi ujian garjas lainnya yang sudah di persiapkan oleh tim penguji.

    “Termasuk renang militer dengan jarak 50 meter. Sesudah dinyatakan lolos, para peserta nantinya akan mengikut seleksi selanjutnya yang digelar secara terpusat, di Makodam,” jelasnya.

    Sebelum mengikuti tes tersebut, para peserta di wajibkan untuk melakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu, khususnya pemeriksaan tekanan darah. Tak hanya melibatkan tim kesehatan saja. Namun, berlangsungnya tes uji kenaikan pangkat tersebut, juga disaksikan  langsung oleh Kepala Seksi Personel (Kasi Pers) Korem 084/Bhaskara Jaya, Letkol Arm Soegeng Boediharto. (mar)