Pemkab. Blitar Berkomitmen Penuhi Hak Anak

    247

    Blitar (Swaranews) – Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Blitar telah meraih Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama. Prestasi ini sebagai bentuk keseriusan dan perhatian Pemkab.Blitar terhadap anak. Kendati demikian, tahun ini prestasi tersebut harus naik menjadi Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya. Dan tentunya, perjuangan untuk meraih prestasi tersebut harus didukung berbagai pihak. Hal ini disampaikan oleh Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM saat kegiatan Temu Anak Kabupaten Blitar Menuju Kabupaten Layak Anak, Senin (12 Pebruari 2018) di Pendopo Sasana Adhi Praja.
    Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menegaskan, Pemerintah Kabupaten Blitar akan terus berusaha meningkatkan pelayanan maupun fasilitas yang ramah bagi anak. Ini sebagai bentuk Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Indonesia yang tumbuh dan berkembang secara optimal. Sehingga pemberian prestasi KLA tingkat pratama sebagai inspirasi dan memacu bagi Pemerintah Kabupaten Blitar untuk meningkatkan komitmen dengan merealisasikan dan mengimplementasikan pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui berbagai Program dan Kegiatan. Ini dengan melibatkan anak secara langsung maupun tidak. Harapannya, untuk mempersiapkan generasi penerus yang handal dan berkualitas.
    Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Blitar, Kepala BNN dan Perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Blitar ini juga menghadirkan narasumber sekaligus motivator nasional yakni Nanang Abdul Kanan. Dalam kegiatan tersebut, juga diacarakan kegiatan tanya jawab antara anak-anak yang hadir dengan Bupati Blitar. Salah satunya dari Siswa SLB di Wates, Radian. Siswa kelas 2 SLB ini meminta kepada Bupati Blitar untuk menambah fasilitas mainan di sekolahnya. Sementara itu, Fitri yang juga siswi SLB dari Talun menyampaikan keinginannya agar Pemerintah Kabupaten Blitar menyediakan fasilitas perpustakaan khusus bagi penyandang tuna netra termasuk fasilitas di lokasi wisata. Sehingga penyandang disabilitas bisa merasakan kemudahan sama dengan manusia normal lainnya ketika berada di lokasi wisata. Menanggapi hal itu, Bupati Blitar siap berkoordinasi dengan OPD terkait. Intinya Pemerintah Kabupaten Blitar terus akan berkomitmen terhadap pemenuhan hak-hak mereka.
    Ditempat yang sama, narasumber pada kegiatan tersebut, Nanang Abdul Kanan mengingatkan kepada anak-anak terus berjuang, berkarya dan berprestasi kendati berada dalam keterbatasan fisik. (Hms/Adv)