Sejumlah OKP rame rame datangi Panwaslu Kota Probolinggo, ada apa ?

    148

    PROBOLINGGOo (Swaranews)– Kantor Panitia Pengawas Pemilu Kota Probolinggo didatangi puluhan organisasi kepemudaan (8/12/2018). Rupanya hari ini Panwaslu dan sejumlah OKP tengah mengadakan kerjasama untuk ciptakan pemilu yang damai dan aman

    Setidaknya beberapa organisasi ikut meramaikan Kantor Panwaslu diantaranya GMNI, HMI, PMII, GP Ansor, IPM, PDPM. Sementara itu di pihak Panwaslu diterima langsung oleh Ketua Panwaslu Suef Priyanto.

    Pada pertemuan yang berlangsung hampir 2 jam tersebut, sejumlah OKP meminta pilkada yang akan berlangsung di Kota Probolinggo berlangsung aman dan damai . Hal senada juga diinginkan oleh pihak Panwaslu .

    Alhasil, kedua pihak sepakat dan berencana akan mendeklarasikan dengan OKP lainnya. Tak hanya itu berbagai OKP akan bersatu untuk menjadi relawan pengawas pemilu yang bermitra dengan panwaslu Kota Probolinggo.

    Menurut Suef Priyanto kedatangan OKP selain menginginkan pilkada damai juga menjalin kerjasama untuk kemudian dibentuk relawan pengawas pemilu. Tujuannya sebagai mitra panwaslu tetapi tugas utama pada pencegahan pelanggaran pemilu dan pendidikan pada masyarakat.

    “Pihak OKP akan bekerja sama dengan Panwaslu dalam menciptakan pemilu damai dan akan dibentuk relawan pengawas pemilu dengan melibatkan mereka. Tujuannya untuk mitra panwaslu yang tugasnya lebih pada pencegahan,” tegasnya.

    Suef menambahkan kedepan Relawan Pengawas Pemilu akan segera dilaunching dan dideklarasikan dengan mengajak OKP lain yang belum bergabung . Ia juga berharap banyak elemen masyarakat yang nantinya ikut terlibat.

    Sementara itu menurut Mas’udi ketua DPC GMNI Probolinggo Yang ditunjuk sebagai koordinator relawan panwaslu nanti mengatakan pihaknya nanti akan lebih pada pengawasan pelanggaran pemilu baik dari pihak penyelenggaran atau saat proses kampanye diantaranya politik uang , kampanye hitam maupun kampanye dengan isu SARA.

    “Tujuan Relawan Pengawas Pemilu nanti untuk mencegah pelanggaran pemilu seperti money politik , isu SARA maupun kampanye hitam” ujarnya. Tambahnya relawan pengawas pemilu ini ampuh meminimalisir konflik yang terjadi baik saat pemilu maupun pasca pemilu . (Rahmad)