Kata Orang Pasar Seni ke 44

160

Oleh: Hendro Tan
Pencinta Seni

MEMBACA artikel rubrik olahraga koran Kompas dua hari kemarin, diketahui pelatih elit Zinedine Zidane yg mengantar Real Madrid jadi juara di Liga Spanyol dan kompetisi besar lainnya pada musim pertandingan tahun 2016 / 2017, berbalik nasib, dan posisi Zidane sekarang ini sedang diujung tanduk, karena prestasi tim asuhannya memasuki musim perebutan dipelbagai kejuaraan tahun 2017 / 2018 jeblok. Dan itu bertolak belakang dg pencapaian musim sebelumnya.

Bila nantinya Zidane dipecat oleh official Real Madrid hal tersebut sesungguhnya tidaklah aneh. Seperti diketahui dunia persepakbolaan adalah dunianya pasar yg terdiri dari rangkuman aneka macam kepentingan pasar mulai pasar judi, pasar penjualan hak siar, pasar penjualan tiket tonton, pasar hak promosi bermacam jenis brand-name, pasar transfer pemain handal sampai dengan pasar pasar lainnya juga sponsorship, bila prestasi kesebelasan jatuh berdebam maka sumber-sumber uang akan mengecil dan mengecil ..

Karena itu, jangan pula tergaguk- gaguk ketika seni didefinisikan sebagai pasar oleh orang pasar, yang mana dari hulu sampai muara semuanya berujung duit merupakan keniscayaan. Kalau saja ada kolektor yang berperkara dengan dirinya sendiri beranggapan seni untuk seni dan demi seni, saya akan berkata ya sudah .. lo beli sana karya-karya seni yg lo suka walau ga kemedol asal lo punya sumber energi lain untuk melanjutkan gaya hidup oon lo .

Tgl. 28 Januari 2018

Hendro Tan