Kadin Dorong Surabaya Jadi Kota Kreatif.

104
Jamhadi

SURABAYA (Swaranews) – Surabaya terus berimprovisasi dari segala bidang. Tidak hanya di jajaran eksekutif maupun legislatif.  Kamar dagang dan Industri (Kadin) Surabaya terus  mendorong Pemerintah Kota Surabaya guna  menjadikan Kota Pahlawan ini mendapat julukan kota kreatif dunia versi Unesco.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Kadin Surabaya, Dr. Ir. Jamhadi, MBA  yang menilai bahwa Kota Surabaya sangat layak untuk segera mendapatkan pengakuan  “Creative City” dari unesco menyusul pekalongan dan Bandung.

“Surabaya sangat memiliki potensi, dan ini yang perlu kita dorong ke para akademisi, komunitas, bisnismen dan Pemerintah. Karena, untuk kota kreatif sendiri menjadi elemen penting dalam kemajuan ekonomi di kota itu sendiri,” papar Jamhadi, yang juga tim ahli Kadin Jawa Timur, Senin malam (11/9/2017).

Dikatakan Co Founder Surabaya Creative forum (SCF) ini bahwa manfaat dari kota kreatif ini yaitu bisa menempatkan kekayaan ragam budaya Surabaya dalam kerangka global. Jadi, potensi ekonomi dalam bisnis kreatif ini sangat potensi sekali.

Lebih lanjut, Jamhadi mengatakan bahwa prosedur untuk menjadi kota kreatif tidaklah sulit, tinggal memenuhi 7 kriteria.

“Tinggal bagaimana adanya pertemuan antara akademisi, komunitas, bisnismen dan pemerintah,” sambungnya.

Jamhadi mencontohkan,  Pekalongan yang sudah lebih dulu menjadi kota kreatif pada tahun 2014, karena 70 persen masyarakat disana berkarya seperti membatik dan lainnya.

“Untuk mencapai kota kreatif, tergantung Walikota” pungkasnya. (mar)