Warga Perum Patria Memaksa Pengembang Sediakan Makam Umum

34

GRESIK (Swaranews) – Warga penghuni perum (perumahan umum) Patria berharap kepada pihak manajemen PT Patria Inti Land (baca pengembang/developer, red) untuk menyediakan lahan makam umum.  Sejak warga menempati perumahan tersebut hingga saat ini memang belum ada fasilitas makam umum.

“Kami selaku warga sangat berharap agar pihak developer memberikan  tanah fasum/fasos untuk makam,” kata Tatok, warga perumahan.

Mungkin terlalu lama pihak developer memberikan janji, akhirnya warga berinisiatif kerja bakti di lokasi yang ditentukan warga sebagai lahan makam.  Sementara pihak developer menganggap tanah tersebut masih produktif dan layak jual.

“Pihak kami sebetulnya sudah menyediakan lahan untuk makam warga perum Patria,” kata Indra, Manajer Patria Inti Land. Dan seharusnya warga melalui ketua RT atau RW setempat mengajukan proposal ke kantor, agar kami bisa menyampaikan kepada pimpinan atau bos, lanjutnya.

Begitu juga penjelasan dari kepala desa saat dikonfirmasi Swaranews. “Surat dari warga perum Patria itu bukan minta izin untuk membuat makam.  Akan tetapi hanya surat tembusan saja,” kata Suparlan , Kepala desa Bambe.

Memang pengembang atau developer tidak diwajibkan atau diharuskan membuat lokasi pemakaman umum. Akan tetapi untuk penyediaan lahan berupa fasum dan fasos sebagai prasarana untuk makam.  Begitu pula sebaliknya, warga tidak bisa seenaknya meng-klaim penggunaan apalagi kepemilikan.  Warga dapat menggunakan dan memanfaatkan fasum/fasos tersebut harus seizin pihak manajemen Patria Inti Land,” ungkap pejabat Muspika ini disela-sela kesibukan memasang terop, saat dikonfirmasi Swaranews.
Mungkin warga perum kurang paham dengan mekanisme birokrasi pemanfaatan fasum/fasos untuk makam.  Kepala Desa menghimbau agar bertanya kepada pihak yang berkompeten.

Sesuai Permendagri nomor 9 tahun 2009 tentang penyerahan prasarana dan sarana juga utilitas umum dari pengembang ke pemerintah daerah atau pemerintah kota.  Memang ada ketentuan yang harus diutamakan untuk kepentingan warga adalah fasilitas jalan, fasilitas air bersih, fasilitas listrik dan lainnya yang bersifat urgen. Warga seharusnya juga tahu serta sadar, apabila mau menggunakan fasilitas umum untuk kepentingan bersama dapat koordinasi dengan pihak developer agar tidak terjadi kesalahpahaman,” pinta kepala desa Bambe Suparlan kepada warga perum Patria.

Lebih lanjut, ia memberikan pengertian lebih detil untuk selalu menjaga kekondusifan di lingkungan.  Kodim