Raja Salman Salami Ahok dengan Tersenyum

470

JAKARTA (Swaranews) – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tampak hadir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (1/3/2017), pukul 12.45 WIB.

Ahok mengatakan, kehadirannya dalam menyambut kedatangan Raja Salman di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur sudah menjadi tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tentunya, sambung Ahok, tamu negara juga harus disalami.

“Kalau nerima orang (Raja Salman) ya salaman dong,” kata Ahok di Halim Perdanakusuma, Rabu (1/3/2017).  Usai mendarat di Halim Perdanakusuma, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz al Saud turun dari pesawat dengan mengenakan tangga eskalator yang dibawa dari negaranya.

Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Salman di bawah pintu pesawat. Sejumlah menteri negara juga ikut mendampingi acara penjemputan, di antaranya Menteri Agama Lukman Hakim dan Gubernur DKI Jakarta Ahok.

Tim paduan musik mengiringi penyambutan Raja Salman begitu turun dari pesawat.  Ketika bersalaman dengan Ahok, tampak Raja Salman begitu sumringah. Cara bersalamannya pun begitu bersahabat, ketika dua figur itu saling menatap dengan hangat.

Sebagaimana diketahui, Raja Salman membawa serta sekitar 1.500 delegasi. 10 diantaranya adalah menteri dan 25 pangeran. Kedatangan Raja Salman ke Indonesia merupakan jawaban atas undangan Presiden Joko Widodo.

Dalam pertemuan bilateral antara kedua pimpinan tersebut, pemerintah Indonesia dan Arab Saudi akan menyepakati 10 nota kesepahaman (MoU) di bidang keamanan, kesehatan, pendidikan, budaya, investasi, UKM, pertanian, perikanan, operasional penerbangan sipil serta hal-hal mengenai Islam.

Kunjungan Raja Salman dijadwalkan dimulai hari ini, 1 Maret, hingga tanggal 9 Maret mendatang. Selama empat hari Raja Salman akan berada di Jakarta, dan sisa waktunya akan dihabiskan berlibur di Pulau Bali.  Upacara penyambutan tamu kenegaraan telah disiapkan dan akan dilakukan penanaman pohon.